Selasa, 13 November 2018

Material Geomembrane HDPE Pelapis Kedap Limbah B3

Jual Geomembrane HDPE
Jual Geomembrane HDPE
Masalah sampah khususnya di kota kota besar seperti di Indonesia menjadi sebuah momok yang menakutkan apalagi yang menyangkut dengan limbah b3 yang memerlukan penanganan khusus. Selain dibutuhkan tempat atau lahan khsusu untuk  pengolahannya juga dibutuhkan proses yang baik dalam membuat tempat pembuangan sampah tersebut.

Dalam menyiapkan tempat pembuangan sampah dibutuhkan material yang mempunyai kemampuan adsorpsi yang tinggi untuk mengurangi pencemaran. Penerapan aplikasi material ini sudah lama diterapkan pada lahan-urug sampah kota. Lokasi pembuangan sampah adalah tanah liner yang yang mempunyai kemampuan adsorpsi, biodegradasi, penukaran ion, pengenceran dan pengendapan.

Material Geomembran HDPE dikenal sebagai salah satu material sebagai pelapis yang kedap merupakan material geosintetis dari bahan polimer yang dibuat kedap. Bahan material geomembrane yang dianggap baik adalah dari high-density polyethylene (HDPE) yang tahan terhadap reaksi kimia yang dijumpai pada limbah B3.

Dari susunan bahan pelapis yang biasa diterapkan, maka dikenal sistem pelapis dasar ganda (double liner), pelapis dasar tunggal (single liner) dan pelapis liat (clay liner). Skema 1 merupakan skema sistem pelapis dasar ganda, kombinasi FML dengan tanah dipadatkan, sedang Skema 2 adalah sistem pelapis dasar tunggal.

Sistem tersebut merupakan cara pengedapan dasar yang biasa digunakan di Amerika Serikat. Sistem pelapis dengan tanah liat tetap membutuhkan sistem pengumpul lindi dan sistem pendeteksi kebocoran seperti sistem pelapis sebelumnya . Namun dalam hal ini tidak digunakan geomembran sebagai pembatas antara lapisan alamiah yang ada.

Di Indonesia, sistem pelapis ini diterapkan sebagai landfill untuk limbah B3 kategori I (pelapis dasar ganda), landfill kategori II (pelapis dasar tunggal) dan landfill kategori III (pelapis dasar liat). Bahan dengan daya adsorbsi dapat dicampur dengan lempung atau di lapiskan pada geomembran hdpe.

Lapisan adsorptif ini diletakkan di bagian bawah dari geomembran, sebab geomembran hdpe berfungsi sebagai penahan hidrolis yang pertama, sehingga beban adsorpsi pada media komposit di bawahnya bisa lebih ringan. Campuran tanah bentonit dengan tanah asli dapat mengurangi nilai permeabilitas sehingga dapat mengurangi transport cemaran secara advektif maupun secara diffusif.

Menurut kriteria negara industri, lahan untuk landfill sampah kota termasuk katagori kelas 2, yaitu lahan semi-permeable dengan nilai kelulusan antara 10-5 sampai 10-7 Cm/det. Untuk landfill sampah kota di Indonesia perlu dipertimbangkan hal-hal seperti:

  • lahan biasanya terletak di luar kota, dimana kadangkala berdekatan dengan perumahan penduduk yang belum terjangkau oleh sistem PDAM yang baik, sehingga masalah pencemaran lindi (leachate) perlu dipertimbangkan
  • intensitas hujan di Indonesia yang cukup tinggi 

Saat ini banyak yang jual geomembrane hdpe yang memiliki kriteria kriteria yang disebutkan diatas sehingga proses pembuatan tempat pembuangan sampah tidak harus untuk pembuangan yangbesar tapi bisa juga untuk kebutuhan komplek atau rumah tangga.

Dengan daftar harga geomembrane hdpe yang sanagat kompetitif maka diharapkan penggunaan material geomembrane hdpe ini dapat dikenal luas oleh masyarakat untuk dapat meningkatkan awarness terhadap lingkungan hidup.

Sebagian materi disadur dari jujubandung.wordpress.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar